Senin, 23 April 2012

SIA


Soal!
West Co. Menyimpan sebuah master piutang dagang dalam sebuah disket file. Aplikasi yang telah disetujui  untuk rekening yang  baru berada dan diproses dalam disket tersebut. File yang dihasilkan diurutkan dan diproses untuk dibandingkan dengan file utama.
File utama dalam disket sepenuhnya berbentuk sekuensial. Apa keuntungan dan kelemahan yang dapat terjadi dari perubahan metode pengorganisasian file baik secara struktur acak maupun indeks sekuensial.
Jawaban:
1.      Sequential File
Sequential file merupakan suatu cara ataupun suatu metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara berurutan. Dalam hal ini data yang disimpan sesuai dengan urutan masuknya.

*      Keuntungan Sequential File
Merupakan organisasi file yang sederhana. Jarak setiap aplikasi yang tersimpan sangat jelas.metode penyimpanan didalam memori sangat sederhana,sehingga efisien untuk menyimpan record yang besar.Sangat murah untuk di gunakan,sebab medianya cukup menggunakan magnetictape.

*      Kerugian Sequential File
Seandainya diperlukan perubahan data,maka seluruh record yang tersimpan didalam master file,harus semuanya diproses.Data yang tersimpan harus sudah urut (sorted).posisi data yang yang tersimpan sangat susah untuk up-to-date,sebab master file hanya bisa berubah saat proses selesai dilakukan.Tidak bisa dilkukan pembacaan secara langsung.

2.      Random File
Random file merupakan suatu cara ataupun metode penyimpanan dan pembacaan data yang dilakukan secara random atau langsung. Dengan demikian,random file juga disebut sebagai Direct Access File (Bisa dibaca secara langsung).Dalam hal ini, tempat penyimpanan data sudah diatur sedemikian rupa, sehinggasetiap data akan tersimpan didalam tempat-tempat yang telah ditentukan sesuaidengan nomor data yang dimiliki-nya.Dikarenakan data yang tersimpan menggunakan teknik yang sedemikian rupa(yaitu random), maka data yang dibutuhkan bisa langsung ditemukan tanpa harus membaca data-data sebelumnya.walaupun demikian, seandainya diperlukan untuk dibaca secara berurutan, juga dimungkinkan.
Apabila lagu-lagu yang ada kemudian disimpan didalam compack-disk, makauntuk mendengar kan lagu yang ke-lima bisa langsung dilakukan (dibaca secararandom). Disamping itu, dengan compack-disk juga bisa dilakukan pembacaansecara berurutan atau sequential. Compack-disk menyimpan lagu secara random.


*      Keuntungan Random File
Sangat sesuai untuk kebutuhan file transaksi, sebab transaksi harus diproses saat kejadian berlangsung. Data yang tersimpan tidak harus urut (sorted). Untuk pemrosesan lebih efisien, sebab ada beberapa file yang memerlukan perubahan saat proses berlangsung.Lebih cepat dalam hal pemanggilan data. Beberapa data yang tersimpan didalam file, bisa  diperbaiki dalam waktu bersamaan.

*      Kerugian Random file
Memerlukan adanya back-ap data. Sebab transaksi yang diperbaiki setiapsaat bisa menghilangkan jejak data asal. Data yang tersimpan mempunyai potensi lebih cepat rusak. Kapasitas media penyimpanan memory menjadi besar. Memerlukan hardware dan software yang lebih kompleks apabiladibanding sequential file.

3.      Index Sequential File

Index sequential file merupakan perpaduan terbaik dari teknik sequential dan random file.Teknik penyimpanan yang dilakukan, menggunakan suatu index yang isinya berupa bagian dari data yang sudah tersortir. Index ini diakhiri dengan adanya suatu pointer (penunjuk) yang bisa menunjukkan secara jelas posisi data yang selengkapnya. Index yang ada juga merupakan record key (kunci record) ,sehingga kalau record key ini dipanggil, maka seluruh data juga akan ikut terpanggil,

*      Keuntungan Index Sequential File
Sangat cocok untuk digunakan menyimpan batch data ataupun individualdata. Dibanding sequential file, pemanggilan data menjadi lebih cepat.

*      Kerugian Index Sequential File
Access (pemanggilan) data tidak bisa disamakan dengan random (directaccess file). Memerlukan adanya ruangan extra didalam memory untuk menyimpan index data. Memerlukan adanya hardware dan software yanglebih kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar